Cara Mematikan Update Windows 10 - Kelasinong

Tuesday, January 25, 2022

Cara Mematikan Update Windows 10

Pengertian Windows Update adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Microsoft terhadap sistem operasi Windows untuk penggunanya guna memutakhirkan sistem Windows itu sendiri. Dengan kata lain, Windows Update ini mampu meningkatkan kinerja sistem operasi Windows dengan meng-update, menambahkan, maupun memperbaiki bugs yang terjadi. Artinya, Windows Update ini membantu pengguna dalam mengatasi bug yang terdapat pada Windows.

Pada dasarnya, Windows Update akan melakukan pembaruan terhadap sistem operasi Windows. Artinya, efek dari Windows Update ini sendiri adalah untuk membantu pengguna dalam mengatasi bug atau error yang terjadi serta memperbarui Windows kepada update terbaru.


Adapun Windows memberikan opsi terhadap pengaktifan Windows Update ini sendiri, di mana pengguna dapat mengaktifkannya maupun menonaktifkannya. Apabila pengguna ingin selalu sistem maupun program yang terdapat di dalam Windows selalu ‘fresh’ maka disarankan untuk tetap mengaktifkan fitur ini. Sebaliknya, jika pengguna tidak terlalu aktif menggunakan komputer (bukan pengguna aktif) maka pengguna dapat menonaktifkannya sementara untuk kemudian dapat dilakukan Windows Update jika dirasa banyak bug atau error serta harus ada hal yang diperbarui.

Ketika pengguna mengizinkan Windows untuk melakukan Windows Update maka komputer akan secara otomatis mengecek apa saja yang perlu di-update atau perbarui. Nah, setelah proses download selesai, biasanya komputer akan melakukan restart terhadap semua file yang di-update. Dalam proses inilah, sistem akan menginstall file yang telah di-download sebelumnya. Lama waktunya tergantung seberapa banyak update serta kecepatan koneksi internet yang tersambung.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah pentingnya untuk selalu mengaktifkan Windows Update agar sistem maupun program yang terdapat di Windows tetap terjaga keamanan dan kinerjanya.

Lewat fitur Group Policy :



Fitur Group Policy hanya tersedia pada Windows 10 Professional, Enterprise, dan Education. Melalui fitur Group Policy, kamu dapat mengubah pengaturan untuk mencegah Windows 10 meng-update secara otomatis. 

  • Tekan tombol logo Windows + R pada keyboard, lalu ketik gpedit.msc dan klik OK.
  • Buka "Computer Configuration" > "Administrative Templates" > "Windows Component" > "Windows Update".
  • Klik dua kali pada "Configure Automatic Updates".
  • Dalam tampilan ini pilih opsi “Disable” di pojok kiri halaman, lalu tekan Apply dan OK untuk menonaktifkan fitur update otomatis Windows.
Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Windows 10 akan berhenti menginstal pembaruan secara otomatis di perangkatmu.

Lewat fitur service.msc :


Selain menggunakan keyword gpedit.msc, kamu juga mematikan update Windows melalui fitur Run dengan menggunakan keyword services.msc, berikut caranya.

  • Tekan tombol logo Windows + R secara bersamaan untuk mengaktifkan kotak Run, lalu ketik services.msc
  • Setelah itu kamu akan berada di halaman service. Gulir ke bawah sampai menemukan Windows Update dan tekan dua kali.
  • Di sebelah kalimat Startup type pilih opsi "Disabled", lalu tekan "Apply" dan "OK" untuk menyimpan pengaturan.





Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done